x

 

Alumni STMIK Indonesia yang kami cintai dan kami banggakan.

Semoga selalu sukses dalam berkarya dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa.

Dalam rangka melengkapi dan meningkatkan kualitas data lulusan STMIK Indonesia, Unit Pusat Karir (UPK) STMIK Indonesia melakukan studi penelusuran alumni (tracer study).

Tracer study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 (dua) tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi kedunia kerja, situasi kerja terakhir, keselarasan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.

Data tracer study dapat memberikan informasi mengenai output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemperolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi serta input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan.

Hasil tracer study dapat menyediakan informasi untuk kepentingan evaluasi hasil pendidikan tinggi dan selanjutnya dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan tinggi bersangkutan. Disamping itu tracer study juga menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional, menilai relevansi pendidikan tinggi, informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders), dan kelengkapan persyaratan bagi akreditasi pendidikan tinggi.

Dalam menghadapi dan memenangkan persaingan di era globalalisasi sekarang ini, informasi dunia kerja profesional sangat mutlak diperlukan. Terkait dengan hal ini, tracer study menyediakan informasi berharga mengenai hubungan antara pendidikan tinggi dan dunia kerja profesional. Melalui pelacakan alumni atau yang dikenal dengan sebutan Tracer study, dapat digali informasi yang berkaitan dengan perjalanan lulusan, mulai dari saat mereka menyelesaikan masa pendidikannya di perguruan tinggi (PT) sampai pada waktu pelaksanaan survei. Hasil tracer study dapat dijadikan acuan untuk menilai relevansi pendidikan di STMIK Indonesia dengan dunia kerja profesional, dan sekaligus untuk informasi bagi para pemangku kepentingan (stakeholders).

Informasi hasil tracer study merupakan feedback bagi STMIK Indonesia untuk mengevaluasi hasil pendidikan di STMIK Indonesia. Informasi alumni dapat digunakan untuk penyempurnaan dan penjaminan kualitas STMIK Indonesia. Juga, tracer study menjadi salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Oleh karenanya, keberhasilan pelaksanaan tracer study menjadi satu target STMIK Indonesia.

Untuk tercapainya hasil maksimal dalam pelaksanaan tracer study, kami berharap sekaligus menghimbau kepada seluruh alumni STMIK Indonesia tercinta, berkenan mengisi kuesioner tracer study online dengan sebenar-benarnya. Demikian, terima kasih.

Salam dari Almamater STMIK Indonesia